Recents in Beach

Rahasia Uang Mengalir Dari Internet Hanya Dalam 30 menit!

CARA REPAIR EMMC ANDROID

CARA REPAIR EMMC ANDROID - Hallo sahabat Belajar Servis Ponsel, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA REPAIR EMMC ANDROID, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel emmc, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA REPAIR EMMC ANDROID
link : CARA REPAIR EMMC ANDROID

Baca juga


CARA REPAIR EMMC ANDROID

 class=

Selama ini kita sering mendengar kerusakan eMMC. eMMC adalah singkatan dari embedded MultiMediaCard yang merupakan komponen MMC yang terpasang di board handphone yang berisi flash memory plus controller.

Kerusakan eMMC biasanya ditandai perangkat bootloop atau mati total namun jika kita gunakan power supply arus naik sekitar 0.4 A atau pada beberapa perangkat hanya ditandai dengan getar, selain itu juga ditandai dengan :

  • Factory reset gagal.

Pada saat bootlop sering kita coba untuk untuk melakukan “factory reset” untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Namun jika kita pada saat melakukan hal tersebut selalu gagal, maka kemungkinan eMMC telah bermasalah.

  • Muncul pesan “sayangnya aplikasi terhenti” atau “Unfortunately application has stop”.

Hal ini biasanya terjadi karena controller pada eMMC bermasalah.

  • Sering hang dan restart.

Perangkat yang sering dan restart mengindikasikan bahwa eMMC bermasalah.

  • Install aplikasi gagal.

Hal ini terjadi karena aplikasi tidak dapat menulis programnya ke eMMC.

  • Internal memory corrupt atau berkurang.

Pada perangkat handphone saat kita masuk ke setting dan kita lihat besarnya internal memory besarnya berkurang jauh, contoh seharusnya internal memory sebesar 500mb namun hanya terdeteksi 100mb atau kurang.

  • Upgrade gagal.

Pada di upgrade baik itu secara online maupun melalui external memory selalu gagal.

  • Saat di flash ulang muncul pesan “BROM ERROR”.

Saat kita lakukan flash ulang baik tanpa box maupun dengan box muncul pesan “BROM EROR”.

Perbaikan eMMC biasanya menggunakan box flasher. Box flasher yang digunakan biasanya memakai JTAG atau dengan UFI box. Untuk perbaikannya terdapat dua cara yaitu dengan direct eMMC dan dengan menggantinya dengan eMMC baru yang sudah terlebih dahulu kita isikan file yang biasanya kita sebut sebagai “dump file”.

Direct eMMC adalah cara melakukan flashing ulang pada eMMC dengan menggunakan dump file namun tanpa harus mengangkat IC eMMC dari board. Hal ini merupakan hal pertama yang biasanya kita lakukan terutama jika IC eMMC yang kita perlukan tidak ada atau sulit didapat. Namun cara ini memiliki kelemahan, karena jika ternyata IC eMMC yang memang telah rusak terutama di bagian controller maka perangkat hanya bisa bertahan dalam hitungan hari dan akan kembali rusak.

Cara direct eMMC adalah dengan melakukan bypass atau direct ke kaki IC eMMC melalui jalurnya. Kali ini kita akan menggunakan UFI box untuk melakukan hal tersebut.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini yang merupakan pinout direct eMMC untuk Samsung Galaxy S3 I9300. Kaki-kaki yang kita perlukan adalah kaki untuk Clk, Cmd, Dat 0, Vcc, Vccq dan Ground. Untuk itu kita lakukan pengawatan atau memasang kawat jumper di titik-titik komponen yang merupakan jalur dari kaki-kai IC eMMC.

Setelah pengawatan di komponen maka kawat-kawat tersebut kita sambungkan ke socket adapter dan sesuaikan kaki-kaki pada board dengan kaki-kaki pada adapter. Selanjutnya jika telah tersambung dengan baik kita koneksikan adapter tersebut ke UFI box dan kita lakukan flashing dengan menggunakan dump file.

Image result for ufi adapter

Jika kita sudah melakukan direct eMMC namun perangkat tetap tidak menyala normal maka hal terakhir yang kita lakukan adalah dengan mengganti IC eMMC dengan yang baru. Angkat IC eMMC dari board, kemudian IC eMMC baru kita isi dahulu dengan dump file dengan menggunakan UFI box. Jika sudah terisi, maka kita pasangkan IC eMMC yang baru tersebut ke board perangkat.

Demikianlah cara memperbaiki IC eMMC pada perangkat handphone jenis Android dan semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.


OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive


Demikianlah Artikel CARA REPAIR EMMC ANDROID

Sekianlah artikel CARA REPAIR EMMC ANDROID kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA REPAIR EMMC ANDROID dengan alamat link https://situshp-id.blogspot.com/2017/08/cara-repair-emmc-android.html

Posting Komentar

0 Komentar